.quickedit{ display:none; }

"Non Active"

 

Tuesday, April 30, 2013

Korupsi Dan Mahasiswa

0 comments


Mahasiswa merupakan Agent Of Change. Mahasiswa dianggap menjadi salah satu peran yang mampu memberikan perubahan di tengah-tengah masyarakat kearah yang lebih baik. Seorang mahasiswa dituntut untuk peka terhadap situasi dilingkungan sekitar. Seperti halnya yang lagi marak saat ini adalah permasalahan korupsi yang terjadi khususnya dikalangan para Pejabat-Pejabat Negara. Persoalan ini menjadi hal yang perlu diperhatikan bersama khususnya mahasiswa sebagai agen perubahan.

Perubahan positif yang ingin diciptakan oleh mahasiswa tidak akan tercipta bila tidak dimulai dari diri sendiri. Korupsi sebenarnya tidak hanya dilakukan oleh para pejabat-pejabat Negara seperti yang selama ini selalu dikabarkan. Korupsi itu bukan hanya sekedar mengambil dan menggelapkan uang yang bukan haknya dengan jumlah yang banyak. Korupsi itu juga dimulai dari hal-hal kecil yang ada disekitar kita, bisa itu korupsi waktu, korupsi nilai dan korupsi yang lainnya.

Dalam sebuah proses perkuliahan, waktu untuk masuk kuliah sudah ditetapkan. Namun masih banyak mahasisiwa yang datang lewat dari batas yang ditentukan, ada yang 5 menit dan bahkan ada juga yang sampai 30 menit telatnya. Selain itu, dalam perkuliahan pertemuan setelah Ujian Mid Semester, keadaan ruangan kelas akan sepi. Hampir setengah dari mahasiswanya tidak masuk mengikuti mata kuliah karena alasan yang dibuat-buat. Kedua tindakan tersebut merupakan contoh kecil dari tindakan korupsi dalam kehidupan sehari-hari sebagai mahasiswa. Tindakan itu sudah sering terjadi bahakan karena seringnya sehingga dianggap menjadi bukan masalah.

Masa perkuliahan merupakan masa dimana kita masih dididik agar ketika nanti kita terjun ke dunia kerja kita memiliki pengetahuan. Selain pengetahuan, kita juga perlu perilku yang baik untuk bisa terjun ke dunia kerja nantinya. Perilaku yang baik itu perlu ditanamkan dari masa perkuliahan. Perilaku yang baik itu akan tercipta ketika kita mulai belajar untuk melakukan tindakan sehari-hari dengan jujur dan sesuai aturan. Mulai menaati peraturan jadwal perkuliahan dengan datang tepat waktu dan mulai untuk menghindari membuat alasan yang dibuat-buat. Ketika kita serius dalam hal-hal kecil tersebut, kita akan mampu juga untuk menjalani hal-hal yang lebih besar. Artinya ketika korupsi dalam sehari-hari dapat terhindarkan maka korupsi yang akan lebih nantinya juga akan mampu dihindari sehingga kita menjadi Agent of Change.

0 comments:

Post a Comment